Para ilmuwan telah berlomba untuk menemukan pil “air mancur awet muda” yang berpotensi meningkatkan umur panjang atau membalikkan penuaan. Apakah kita sudah sampai? Sepertinya kita selangkah lebih dekat dengan ramuan kehidupan yang selalu sulit dipahami.

Dalam apa yang bisa menjadi penemuan inovatif, sekelompok peneliti dari Harvard telah mengidentifikasi enam koktail kimia yang mereka katakan dapat membalikkan proses penuaan pada sel kulit manusia dan tikus.

“Bersyukur untuk membagikan publikasi terbaru kami: Kami sebelumnya telah menunjukkan bahwa pembalikan usia dapat dilakukan dengan menggunakan terapi gen untuk mengaktifkan gen embrionik. Sekarang kami menunjukkan bahwa hal itu mungkin dilakukan dengan campuran bahan kimia, sebuah langkah menuju peremajaan seluruh tubuh yang terjangkau,” tweet Dr. David Sinclair , seorang ahli biologi molekuler di Harvard Medical School dan salah satu penulis studi tersebut.

Bersyukur untuk membagikan publikasi terbaru kami: Kami sebelumnya telah menunjukkan bahwa pembalikan usia dimungkinkan menggunakan terapi gen untuk mengaktifkan gen embrionik. Sekarang kami menunjukkan bahwa itu mungkin dengan koktail kimiawi, sebuah langkah menuju peremajaan seluruh tubuh yang terjangkau 1/17 https://t.co/J9c01lv5FQ

– David Sinclair (@davidasinclair) 12 Juli 2023

“Kami mengidentifikasi enam koktail kimia, yang, dalam waktu kurang dari seminggu dan tanpa mengorbankan identitas seluler, mengembalikan profil transkrip genom muda dan membalikkan usia transkriptomik. Dengan demikian, peremajaan dengan pembalikan usia dapat dicapai, tidak hanya secara genetik, tetapi juga cara kimia,” tulis para peneliti dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Aging.

Studi tersebut mengevaluasi dampak ramuan obat yang mengandung hormon pertumbuhan metformin dan obat yang mengaktifkan enzim protein kinase teraktivasi (AMPK) dalam peremajaan otot, jaringan hati, dan organ lain yang menua.

“Studi pada saraf optik, jaringan otak, ginjal, dan otot telah menunjukkan hasil yang menjanjikan, dengan peningkatan penglihatan dan umur panjang pada tikus dan, baru-baru ini, pada bulan April tahun ini, peningkatan penglihatan pada monyet,” kata Dr. Sinclair.

Tim tersebut mengklaim bahwa mereka menemukan efek pembalikan usia dengan keenam kombinasi tersebut. Dampak dari perawatan empat hari menggunakan koktail sebanding dengan perubahan total yang terlihat setelah satu tahun perawatan regeneratif dalam sebuah studi penting dari tahun 2019.

“Penemuan baru ini menawarkan potensi untuk membalikkan penuaan dengan satu pil, dengan penerapan mulai dari meningkatkan penglihatan hingga mengobati penyakit terkait usia secara efektif,” Dr. Sinclair menambahkan.

Namun, beberapa peneliti menerima temuan itu dengan sedikit skeptis. Matt Kaeberlein, seorang ahli biogerontologi, mengatakan kepada Earth bahwa ini hanyalah studi pendahuluan dan para peneliti harus memvalidasi setidaknya salah satu ramuan dalam model hewan untuk keefektifannya dalam metrik kesehatan atau umur yang berkaitan dengan usia.

Dr. Charles Brenner, seorang peneliti metabolisme, mengemukakan kekhawatiran tentang keamanan obat yang digunakan dalam koktail. “Ini umumnya tidak aman sendiri atau dalam kombinasi,” kata Brenner.

Diterbitkan oleh Medicaldaily.com

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *