Kredit: Domain Publik Pixabay/CC0

Analisis uji coba ASPREE (ASPirin in Reducing Events in the Elderly) menemukan bahwa penggunaan aspirin dosis rendah dikaitkan dengan 20 persen peningkatan kejadian anemia dan penurunan feritin, atau kadar zat besi darah, pada orang dewasa tua yang sehat. Temuan ini menunjukkan bahwa pemantauan hemoglobin secara berkala harus dipertimbangkan pada pasien yang lebih tua yang mengonsumsi aspirin. Analisis ini diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine.

Sekitar setengah dari orang tua di Amerika Serikat telah melaporkan penggunaan aspirin pencegahan. Salah satu komplikasi penggunaan aspirin adalah peningkatan risiko perdarahan besar, terutama perdarahan gastrointestinal. Meskipun risiko perdarahan terbuka akibat aspirin telah ditandai dengan baik, sangat sedikit penelitian yang mengukur efek aspirin pada anemia, terutama pada populasi yang lebih tua.

Peneliti dari Monash University, Melbourne melakukan analisis post-hoc dari uji coba terkontrol acak ASPREE. Uji coba tersebut melibatkan 19.114 orang berusia 70 tahun atau lebih yang secara acak ditugaskan untuk mengonsumsi 100 mg aspirin setiap hari atau plasebo. Hemoglobin diukur setiap tahun, dan feritin diukur pada awal dan 3 tahun setelah pengacakan.

Data menunjukkan bahwa risiko anemia adalah 23,5 persen di antara mereka yang ditugaskan untuk menerima aspirin dosis rendah. Hasil ini disertai dengan penurunan hemoglobin rata-rata yang kecil namun lebih besar dan penurunan konsentrasi feritin yang lebih besar di antara mereka yang menerima aspirin.

Perbedaan dalam peristiwa perdarahan yang signifikan secara klinis tidak memperhitungkan perbedaan keseluruhan dalam insiden anemia atau penurunan feritin yang diamati pada ASPREE tetapi kemungkinan besar karena kehilangan darah tersembunyi mengingat penurunan feritin yang lebih curam pada peserta yang dialokasikan untuk aspirin.

Informasi lebih lanjut: Pengaruh Aspirin Dosis Rendah versus Plasebo terhadap Kejadian Anemia pada Lansia, Annals of Internal Medicine (2023). DOI: 10.7326/M23-0675

Disediakan oleh American College of Physicians

Kutipan: Penggunaan aspirin dosis rendah terkait dengan 20% peningkatan risiko anemia pada orang dewasa yang lebih tua (2023, 19 Juni) diambil 19 Juni 2023 dari https://medicalxpress.com/news/2023-06-low-dose-aspirin-anemia- dewasa-tua.html

Dokumen ini tunduk pada hak cipta. Terlepas dari kesepakatan yang adil untuk tujuan studi atau penelitian pribadi, tidak ada bagian yang boleh direproduksi tanpa izin tertulis. Konten disediakan untuk tujuan informasi saja.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *