Insinyur di University of California San Diego telah mengembangkan monitor tekanan darah tanpa manset yang murah. Perangkat ini adalah klip yang dipasang di atas kamera smartphone dan flash. Pengguna menekan jari mereka ke klip, dan sistem dapat menyimpulkan jumlah darah yang melewati jari, dan jumlah tekanan yang diberikan pada klip oleh jari. Aplikasi smartphone kemudian menggunakan algoritme untuk menginterpretasikan data ini dan memperkirakan tekanan darah. Saat ini, biaya pembuatan klip hanya 80 sen, menyediakan metode berbiaya rendah bagi orang-orang di daerah dengan sumber daya rendah untuk memantau tekanan darah mereka. Dengan produksi massal, para peneliti mengklaim bahwa biaya pembuatan klip tersebut hanya 10 sen.

Pengukuran tekanan darah sangat penting untuk memastikan kesehatan yang baik sepanjang hidup kita. Namun, bagi mereka yang tinggal jauh dari klinik medis, atau yang tidak memiliki akses ke teknologi diagnostik yang andal, melacak tekanan darah mereka sembarangan. Mengembangkan solusi berbiaya rendah sangat penting untuk pasien tersebut. Para peneliti ini telah mencapai hal itu, dengan unit individu yang berpotensi menghabiskan biaya hanya satu sen.

“Karena biayanya yang murah, klip ini dapat dibagikan kepada siapa saja yang membutuhkannya tetapi tidak dapat pergi ke klinik secara teratur,” kata Edward Wang, seorang peneliti yang terlibat dalam penelitian tersebut. “Klip pemantauan tekanan darah dapat diberikan kepada Anda saat pemeriksaan, seperti halnya Anda mendapatkan sebungkus benang dan sikat gigi pada kunjungan gigi Anda.”

Salah satu fitur pintar dari teknologi ini adalah tidak perlu dikalibrasi dengan manset tekanan darah. Sistem pemantauan tekanan darah tanpa manset lain yang telah dikembangkan, seperti jam tangan pintar, seringkali perlu dikalibrasi terhadap data manset tekanan darah. Namun, klip baru sudah siap sejak awal. “Inilah yang membedakan perangkat kami dengan monitor tekanan darah lainnya,” kata Wang. “Sistem kami bebas kalibrasi, artinya Anda dapat menggunakan perangkat kami tanpa menyentuh monitor tekanan darah lain untuk mendapatkan pembacaan tekanan darah yang dapat dipercaya.”

Klip cetakan 3D pas dengan kamera ponsel dan lampu kilat. Pegas di dalam klip memungkinkan pengguna untuk menerapkan berbagai tekanan padanya. Bukaan kecil di klip berfungsi sebagai kamera lubang jarum, dan kamera memvisualisasikan titik merah saat jari pengguna menekannya. Ukuran titik sebanding dengan tekanan yang diberikan pada klip sedangkan kecerahan titik sebanding dengan jumlah darah yang mengalir ke ujung jari. Sistem menggunakan algoritme untuk menggabungkan pengukuran ini menjadi perkiraan tekanan darah.

“Menggunakan manset tekanan darah standar dapat menjadi canggung untuk dipasang dengan benar, dan solusi ini berpotensi memudahkan orang dewasa yang lebih tua untuk memantau tekanan darah sendiri,” kata Alison Moore, peneliti lain yang terlibat dalam penelitian ini.

Belajar di jurnal Laporan Ilmiah: Lampiran smartphone mekanis berbiaya sangat rendah untuk pengukuran tekanan darah tanpa kalibrasi

Melalui: Universitas California San Diego

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *