Saat puncak musim panas dan musim nyamuk dimulai, otoritas kesehatan telah mengidentifikasi kasus manusia pertama demam West Nile musim ini di Texas.

Departemen Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan Kabupaten Dallas (DCHHS) mengkonfirmasi pada hari Senin bahwa seorang pria didiagnosis dengan penyakit neuroinvasif West Nile (WNND), suatu bentuk parah dari penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang terinfeksi virus West Nile.

“Kami melaporkan kasus virus West Nile pertama pada manusia pada musim 2023. WNV ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi, dan masyarakat harus berhati-hati saat keluar rumah untuk menikmati aktivitas di luar ruangan,” kata Dr. Philip Huang , direktur DCHHS, lapor NBC.

Demam West Nile adalah penyebab utama penyakit yang ditularkan nyamuk di AS. Virus ini menyerang 1.126 orang di negara itu tahun lalu, menyebabkan 90 kematian.

Gejala demam West Nile

Meskipun tingkat keparahan infeksi dan gejalanya bervariasi, waspadai tanda-tanda berikut:

  • Demam
  • Sakit kepala dan badan
  • Kelelahan
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Ruam kulit pada batang tubuh
  • Pembengkakan kelenjar getah bening

Sekitar 80% orang yang terinfeksi virus mungkin tidak menunjukkan gejala apa pun. Kebanyakan orang pulih sepenuhnya dari demam West Nile tetapi kelelahan dan kelemahan dapat berlangsung selama berminggu-minggu.

Dalam kasus yang lebih parah, virus dapat menginfeksi otak dan sumsum tulang belakang, mengganggu fungsi normal, dan menyebabkan ensefalitis, meningitis, kelumpuhan, dan bahkan kematian.

Siapa yang berisiko terkena infeksi serius?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sekitar satu dari 150 orang dengan virus West Nile dapat mengembangkan infeksi serius. Orang yang berusia di atas 60 tahun dan pasien dengan kondisi medis tertentu, seperti kanker, diabetes, hipertensi, dan penyakit ginjal serta mereka yang menjalani transplantasi organ berisiko lebih besar terkena infeksi serius.

Perlakuan

Saat ini tidak ada vaksin atau obat khusus untuk mengobati infeksi. Pakar kesehatan merekomendasikan istirahat yang tepat, minum cairan dan obat bebas untuk mengurangi gejalanya. Namun, pasien dengan infeksi serius perlu dirawat di rumah sakit untuk perawatan suportif dan pereda nyeri.

Penularan

Gejala demam West Nile biasanya muncul tiga sampai 14 hari setelah seseorang digigit nyamuk yang terinfeksi, yang mendapatkan virus dari unggas yang terinfeksi. Nyamuk, bagaimanapun, tidak menularkan virus dari satu orang ke orang lain.

Seseorang yang terinfeksi virus West Nile dapat menularkannya kepada orang lain melalui transfusi darah atau transplantasi organ. Tapi, karena darah yang disumbangkan menjalani pengujian virus di AS, itu dianggap aman.

Pencegahan

Petugas kesehatan mengingatkan masyarakat untuk tetap berpegang pada 4 D untuk menghindari gigitan nyamuk.

  • Hindari berada di luar ruangan saat Senja dan Subuh saat nyamuk yang terinfeksi paling aktif
  • Berpakaian lengan panjang, dan celana saat berada di luar. Gunakan obat nyamuk pada pakaian tipis untuk pencegahan ekstra.
  • Pastikan obat nyamuk Anda memiliki DEET
  • Kuras genangan air di halaman dan lingkungan Anda yang dapat membiakkan nyamuk

Diterbitkan oleh Medicaldaily.com

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *